JAVA PART 2 – CARA MEMBUAT FORM MENGGUNAKAN NETBEANS


Cara Membuat Form Menggunakan Netbeans. Maksudnya, di bahasa pemrograman java, kita juga bisa membuat sebuah aplikasi atau program yang berbasis Windows Form. Nah, untuk membuat sebuah aplikasi berbasis form menggunakan java, kita bisa menggunakan aplikasi pengembang bahasa Java, yaitu Netbeans.

Nah, mungkin anda bertanya apa itu Form...? secara sederhananya, form adalah sebuah tampilan yang ada pada sebuah aplikasi yang sudah GUI (Graphical User Interface). GUI disini maksudnya, ya seperti sebuah aplikasi yang biasa kita gunakan dengan hanya klik dan klik pada tombol-tombol yang disediakan oleh sebuah aplikasi atau program.

Ok, kita kembali ke topik. Untuk membuat sebuah aplikasi yang berbasis Form menggunakan Java Netbeans sebenarnya sangat sederhana sekali. Untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti step by step di bawah ini :

1. Pastikan anda sudah membuat sebuah project baru Java. Bagi anda yang belum tahu tentang membuat project Aplikasi Java baru, untuk lebih jelasnya silahkan anda baca dulu tentang “Membuat Project Aplikasi Java baru DISINI”. Pada contoh ini, project java yang akan saya pratekkan disini adalah dengan nama “aplikasi_contoh”.

2. Setelah anda membuat sebuah project baru java, kemudian silahkan anda tambahkan sebuah form dengan cara klik kanan pada “<default package>” yang ada pada project java anda, dan pilih “New -> JFrame Form”. kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Setelah anda melakukan langkah 2 diatas, maka akan tampil tab “New JFrame Form”. Kurang lebih seperti gambar berrikut  :
Keterangan gambar :
Pada bagian kolom pengisian “Class Name”, silahkan anda isi sesuai dengan keinginan anda. tapi ingat, untuk class name, tidak boleh anda menggunakan Spasi.
Kemudian setelah Class Name anda isi, silahkan anda klik “Finish”.

4. Kemudian, setelah langkah 3 anda lakukan, maka hasilnya akan seperti gambar berikut :

5. Untuk melihat hasilnya, silahkan anda jalankan programa anda. untuk cara menjalankan program java di netbenas, saya rasa anda sudah tahu cara menjalankan program Java di Netbeans. Jika ada tampil pertanyaan pada saat anda menjalankan program anda, silahkan anda klik “Ok”. Jika program anda berhasil dijalankan, maka hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut :

6. Selesai.

Itulah sedikit tentang Cara Membuat Form Menggunakan Bahasa Java Di Netbeans. Dimana tutorial ini adalah masih dasar-dasar dari bahasa pemrograman java menggunakan Netbeans.

Jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan saya ini, saya maaf. Dan jika anda ada pertanyaan, silahkan anda tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Sekian dari saya admin zeroncode.blogspot.com, semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Salam sukses. 

Belum ada tanggapan untuk "JAVA PART 2 – CARA MEMBUAT FORM MENGGUNAKAN NETBEANS"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...