WEB PROGRAMING PART 2 - TUTORIAL HTML UNTUK PEMULA BAHASA INDONESIA


Tutorial HTMLUntuk Pemula Bahasa Indonesia. Dimana sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang “Tutorial Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula”, dan pada artikel kali ini yang akan saya bagikan kepada anda adalah lanjutan dari artikel “Tutorial Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula”. Untuk WEB PROGRAMING PART 3, silahkan klik DISINI.

Dimana sebelumnya saya sudah menjelaskan apa itu HTML. Ok, bagi anda yang belum tahu apa itu HTML, akan saya jelaskan lagi sedikit pengertian dari HTML. Seperti di kutip di wikipedia.com, HTML adalah singkatan dari “Hyper Text Markup Language (HTML)”. Yaitu sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Kalau menurut saya, pengertian sederhana dari HTML itu adalah sintak/kode yang ditulis di media pengkodingan, kemudian kode tersebut disimpan dengan format “.html”. Dan kode yang sudah disimpan dengan format “.html” tersebut bisa dijalankan di browser yang biasa kita gunakan untuk internetan. Seperti kita bisa menjalankannya di Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer dan masih banyak lagi.

Disini pada artikel kali ini saya akan menjelaskan dasar-dasar caramenggunakan HTML. Dimana pada artikel ini saya akan mengajak anda yang ingin belajar pemrograman web langsung ke praktek cara penggunaan dan membuat file HTML-nya secara jelas. Karena pada saat saya membuat artikel tentang “Tutorial Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula” yang sudah saya bagikan sebelumnya, disana saya tidak menjelaskan cara menggunakan HTML,sehingga pengunjung blog inimenanyakan hal itu. Kurang lebih pertanyaannya seperti ini : “lansung uji coba, mohon bimbingan-nya”.

Memang benar juga sih..., kebanyakan darikita(termasuk saya) yang ingin belajar pemrograman pasti inginnya langsung ke prakteknya. Karena dengan praktek langsung kita akan lebih cepat mengerti.

Ok, saya rasa sudah cukup pembukaannya. Karena kalau pembukaannya telalu panjang, akan membuat anda yang membaca atikel ini menjadi bosan. Hehehe...

Sekarang kita kembali ke topik permasalahan, yaitu tentang “Tutorial HTML Untuk Pemula Bahasa Indonesia”. Berukut langkah-langkahnya :


BAB I : Membuat File HTML

Untuk memulai belajar pemrograman HTML, anda harus membuat sebuah file HTML atau file dengan fomat “.html” telebih dahulu. Bagaimana cara membuatnya..? Berikut langkah-langkah membuat file HTML :

1. Silahkan anda buka media pengkodingan yang ada pada komputer/laptop anda terlebih dahulu. Disini pada tutorial kali ini sebagai contoh saya menggunakan media pengkodingan Notepad++. Karena Notepad++ adalah software yang gratis dan cocok buat anda yang baru memulai belajar pemrograman web.Jika anda belum menginstall software Notepad++, silahkan anda download terlebih dahulu software Notepad++ dan silahkan anda install pada komputer/laptop anda.

Jika Notepad++ sudah anda buka, kurang lebih tampilan dari Notepad++ akan seperti gambar berikut :

2. Kemudian pada Notepad++ tersebut silahkan anda buat file baru terlebih dahulu,dengan cara klik “File->New”. Atau untuk membuat file baru, anda juga bisa menekan tombol “Ctrl+N” yang ada pada keyboard komputer/laptop anda. kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Setelah itu pada media pengkodingan anda akan terilhat file baru. Kurang lebih seperti gambar berikut :

4. Kemudian silahkan anda simpan file anda tersebut dengan cara klik “file ->Save As”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

5. Setelah itu akan tampil tab “Save As”. Silahkan anda simpan file anda tersebut di lokasi penyimpanan terserah anda, dengan nama “index.html”. Pada tutorial kali ini untuk sebagai contoh, saya akan menyimpan file “index.html” di lokasi penyimpanan “Drive (G)”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

6. Setelah itu, file yang sudah anda simpan tadi akan terlihat nama file-nya di Notepad++ yang berubah menjadi “index.html”. kurang lebih seperti gambar berikut :

7. Kemudian silahkan anda coba ketikkan kalimat pada file “index.html” dengan kalimat terserah anda. Pada tutorial ini untuk sebagai contohsaya akan mengetikkan text dengan kalimat “Hallo World”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

Jangan lupa anda simpan perubahan setiap anda telah mengetikkan text pada file “.html” anda tersebut dengan cara tekan tombol “Ctrl+s” pada keyboard.

Coba anda perhatikan pada gambar langkah ke 7 diatas yang dikelilingi garis kotak merah.Jika warnanya masih merah, itu tandanya anda belum menyimpan perubahan pada file HTML tersebut. Ingat, setiap anda melakukan perubahan pengetikan pada file HTML, jangan lupa anda save/simpan ulang dengan cara tekan tombol “Ctrl+s” pada keyboard.

8. Setelah itu, silahkan anda menuju ke lokasi penyimpanan file “index.html” yang sudah anda simpan tadi, dan silahkan anda buka file “index.html” tersebut dengan caraklik kanan pada file “index.html” tersebut dan pilih “Open With ->Firefox”. Sebenarnya untuk membuka file “.html” anda boleh menggunakan browser apa saja. Namun pada tutorial kali ini untuk sebagai contoh, saya menggunakan browser “Mozilla Firefox” saja. Kurang lebih langkahnya seperti gambar berikut :

9. Setelah anda membuka file “index.html” tersebut di browser anda, maka hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut :

Nah itulah cara membuat file “.html” menggunakan Notpad++. Lumayan cukup panjang ya...!! hehehe.... ya karena disini saya menjelaskannya secara detil buat anda yang baru memulai belajar pemrograman web HTML. Karena saya rasa anda yang baru belajar pemrograman web ini masih banyak yang tidak tahu caranya membuat file HTML menggunakan Notepad++, makanya disini saya menjelaskannya secara detil.

Ok, sekarang kita lanjut ke BAB 2 : Sintak Dasar HTML.


BAB II : Sintak Dasar HTML

Untuk sintak-sintak dasar dari HTML, biasanya kita akan menggunakan sintak “<>” tanpa tanda petik, dan ditutup dengan “</>” tanpa tanda petik. Sintak-sintak tersebut biasa disebut dengan “tag”.

Ok, tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkah sintak-sintak dasar html :

1. Untuk setiap file “.html”, anda akan sering melihat sintak seperti ini :“<html>, <title>, <head>, <body>”. Untuk lebih jelasnyasintak dasar html adalah sebagai berikut :

<html>
    <head>
        <title></title>
    </head>
    <body>

    </body>
</html>

Silahkan anda ketikkan koding diatas didalam file “.html”. Untuk media pengkodingannya pada artikel ini saya masih  menggunakan Notepad++. Sintaknya pada Notepad++ kurang lebih seperti gambar berikut :

Pada gambar diatas adalah sintak-sintak dasar HTML.
Keterangan :
  • Koding pada baris 1 dan 8, itu adalah koding pembukaan dan penutup HTML.
  • Koding pada baris ke 2 sampai 4, itu adalah koding untuk menghungkan file-file pendukung. Seperti untuk menghubungkan ke file CSS, javascript, dan untuk menampilkan judul web.
  • Koding pada baris 5 sampai 7, itu adalah badan dari web yang akan kita buat nantinya. Maksudnya, setiap yang tampil di laman web yang biasanya anda lihat pada saat browsing atau berselancar di internet, itu adalah sintak/koding yang ada didalam tag “<body>”. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda lanjutkan membaca artikel ini.

2. Setelah itu, silahkan anda coba rubah sintak dasar HTML pada langkah 1 diatas menjadi seperti gambar berikut :

Keterangan :
  • Koding “<title></title>” pada baris ke 3, itu adalah untuk menampilkan judul/nama web di browser anda.
  • Koding “<h1></ h1>” pada baris ke 6, itu adalah koding untuk mengatur ukuran text yang ada didalam tag <h1></h1> tersebut. Untuk tag “<h>” terdapat 6 macam. Mulai dari “<h1>” sampai “<h6>”.

3. Kemudian silahkan anda jalankan file “.html” tersebut pada browser anda. Maka hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut :

Nah, itulah sintak dasar dari HTML. Setelah anda mempraktekkan tutorial ini, saya rasa anda sudah mulai mengerti dengan dasar- dasar HTML. Dan jika pada saat anda mempraktekkan tutorial ini, dan anda berhasil, saya rasa anda makin tertarik dengan pemrograman web. Hehehe..., saya dulu pertama kali belajar pemrograman web juga begitu.

Ok, untuk memantapkan penasaran anda akan sintak-sintak HTML, silahkan anda melanjutkan membaca artike ini. Sekarang kita lanjut ke bab 3.


BAB III : Sintak Lanjutan HTML

Untuk bab 3 ini saya akan membahas sintak-sintak yang biasa digunakan dalam HTML. Berikut sintak-sintak HTML yang biasa digunakan :

1. Komentar
Setiap bahasa pemrograman pasti ada yang namanya sintak/kode komentar. Kode komentar adalah kode untuk membuat catatan bagi seorang programer agar pada setiap sintak yang ingin dirubah nantinya olehsipembuat web atau programer, maka diberi kode komentar agar mudah ditemukan nantinya. Dimana sintak/kode komentar ini tidak akan dibaca sebagai koding yang akan di tampilkan di browser kita nantinya. Untuk lebih jelasnya, berikut sintak/kode komentar pada HTML yaituseperti pada gambar dibawah ini :

Kemudian silahkan anda jalankan file html anda tersebut, maka tidak akan ada perubahan dari tampilan sebelumnya. Jika anda jalankannya, maka hasilnya masih seperti pada gambar BAB II pada langkah ke 3.

2. Input
Sintak input itu biasa kita gunakan untuk menginputkan text berupa username maupun password. Berikut sintak untuk membuat kolom input, yaituseperti gambar dibawah ini :

Kemudian silahkan anda simpan perubahan dan silahkan anda reload lagi browser anda, maka hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut :

3. Membuatjarak kebawah antar text atau membuat enter kebawah.
Coba anda perhatikan pada gambar di langkah ke 2 diatas tersebut, kolom input antara inputan “username” dan “password”itu kelihatan sejajar. Nah, jika anda ingin membuat kolom input “password” tersebut harusnya berada dibawah kolom inputan “username”, maka caranya anda hanya tinggal menambahkan sintak <br>.

Berikut sintaknya yang dikelilingi garis kotak merahseperti gambar dibawah ini :

Kemudian silahkan anda reload lagi browser anda dan lihat hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut :

agar kelihatannya lebih bagus, silahkan anda tambah koding anda seperti gambar berikut :

Kemudian silahkan anda reload lagi browser anda, maka sahilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut :

4. Link a
“Link a” pada HTML berfungsi untuk menghubungkan ke situs tertentu. Contoh sintak“link a” pada HTML adalah seperti gambar berikut :

Kemudian silahkan anda reload lagi browser anda dan lihat hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut :

Itulah sedikit sintak-sintak dasar yang biasa digunakan didalam HTML. Jika anda membaca tutorial ini dari awal, saya rasa anda sudah mulai mengerti dengan HTML. Untuk selanjutnya silahkan anda sering-sering cari referensi di internet tentang sintak-sintak HTML.

==============================================

Ok, sekian dulu Tutorial HTML Untuk Pemula Bahasa Indonesia ini saya bagikan kepada anda, karena saya rasa artikel saya ini sudah terlalu panjang buat anda baca.Salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini saya mohon maaf. Bagi anda yang masih bingung, silahkan tinggalkan komentar. Dan bagi anda yang ingin menyimpan artikel ini berupa Ebook PDF, silahkan klik DISINI.

Untuk lanjutan tutorial Dasar Pemrograman Web, silahkan anda baca tentang WEB PROGRAMING PART 3 - Membuat Web Menggunakan HTML dan CSS DISINI.

Terimakasih telah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Salam sukses.

Belum ada tanggapan untuk "WEB PROGRAMING PART 2 - TUTORIAL HTML UNTUK PEMULA BAHASA INDONESIA"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...