CARA MENENTUKAN BILANGAN GENAP ATAU GANJIL MENGGUNAKAN BAHASA PHP


Bilangan genap adalah bilangan yang habis dibagi dua(2). Sedangkan bilangan ganjil adalah bilangan yang tidak habis dibagi dua(2). Dan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang “Cara Menentukan Bilangan Genap Atau Ganjil Menggunakan Bahasa PHP”.

Nah, mungkin anda bertanya, bagaimana menentukan sebuah bilangan apakah suatu bilangan tersebut adalah bilangan genap atau ganjil..?

Sebenarnya cara menentukan bilangan genap dan ganjil menggunakan bahasa pemrograman PHP itu sangat sederhana sekali. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menentukan bilangan genap dan ganjil menggunakan bahasa pemrograman PHP :

1. Pastikan anda sudah ada sebuah file PHP atau silahkan anda buat sebuah file PHP terlebih dahulu dengan nama terserah. Jika anda belum tahu tentang cara membuat sebuah file php, silahkan klik DISINI.

2. Kemudian pada file .php tersebut silahkan anda ketikkan koding berikut :

<?php
            $bilangan;
            $bilangan = 4;
            if ($bilangan % 2 == 0){
                        echo "$bilangan adalah bilangan genap <br />";
            }
            else {
                        echo "$bilangan adalah bilangan Ganjil <br />";
            }
?> 
Kurang lebih kodingnya seperti gambar berikut :
Penjelasan koding pada gambar :
Koding “$bilangan” pada baris ke-2, itu adalah sebuah variabel yang akan menampung bilangan sementara.
Nilai atau angka empat (4) yang ada pada baris ke-3, itu adalah nilai sementara yang akan kita tentukan, apakah bilangan tersebut adalah bilangan genap atau ganjil. Karena saya membuat angka 4 pada variabel bilangan, maka akan tampil nantinya kalimat bahwa bilangan 4 adalah bilangan genap. Untuk mencoba menentukan bilangan ganjil, silahkan anda ganti angka 4 pada bari ke-3 tersebut dengan bilangan ganjil.
Tanda % (persen) yang ada pada koding di baris ke-4, itu artinya habis dibagi. Dan jika nilai pada variabel bilangan habis dibagi 2 dan sisanya = 0, maka bilangan tersebut adalah bilangan genap.
Koding else pada baris ke-7, itu artinya menyatakan “selain dari if diatasnya”. Maksudnya, jika selain dari bilangan genap, maka akan tampil kalimat “bilangan tersebut adalah bilangan ganjil”.

3. Setelah itu, silahkan anda jalankan koding anda di browser anda. untuk cara menjalankannya, silahkan anda klik DISINI.

4. Jika berhasil, maka hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut :

5. Selesai.

Sekian tutorial tentang “Cara Menentukan Bilangan Genap Atau Ganjil Menggunakan Bahasa PHP”. Bagi anda ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Dan jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam artikel ini, saya mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam sukses.

Belum ada tanggapan untuk "CARA MENENTUKAN BILANGAN GENAP ATAU GANJIL MENGGUNAKAN BAHASA PHP"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...