CARA MENENTUKAN BILANGAN GENAP ATAU GANJIL MENGGUNAKAN BAHASA JAVA


Bilangan genap adalah bilangan yang habis dibagi dua(2). Sedangkan bilangan ganjil adalah bilangan yang tidak habis dibagi dua(2). Dan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang “Cara Menentukan Bilangan Genap Atau Ganjil Menggunakan Bahasa JAVA”. Sebelumnya saya sudah membahas tentang menentukan bilangan genap atau ganjil menggunakan bahasa C++ dan PHP. Untuk “Cara Menentukan Bilangan Genap Atau Ganjil Menggunakan Bahasa PHP”, silahkan klik DISINI. Jika anda ingin mengetahui tentang “Cara Menentukan Bilangan Genap Atau Ganjil Menggunakan Bahasa PHP” silahkan klik DISINI.

Nah, mungkin anda bertanya, bagaimana menentukan sebuah bilangan apakah suatu bilangan tersebut adalah bilangan genap atau ganjil..?

Sebenarnya cara menentukan bilangan genap dan ganjil menggunakan bahasa pemrograman JAVA itu sangat sederhana sekali. Untuk lebih jelasnya, berikut cara menentukan bilangan genap dan ganjil menggunakan bahasa pemrograman JAVA :

1. Pastikan anda sudah tau cara dasar-dasar membuat program dengan bahasa JAVA. Disini saya menggunakan Netbeans sebagai media pengkodingan saya. Jika anda belum tahu tentang cara dasar-dasar membuat program dengan bahasa JAVA menggunakan Netbeans, silahkan klik DISINI.

2. Setelah itu, pastikan anda sudah membuat sebuah file JAVA pada project JAVA Aplication anda. Disini sebagai contoh, saya membuat sebuah file .java dengan nama “ganjil_genap.java

3. Kemudian pada file ganjil_genap.java yang sudah anda buat tersebut silahkan anda ketikkan koding berikut :

public class ganjil_genap {
    public static void main(String[] args){
        int angka = 2;
        if (angka % 2 == 0){
            System.out.println("Angka "+ angka +" adalah bilangan GENAP");
        }
        else{
            System.out.println("Angka "+ angka +" adalah bilangan GANJIL");
        }
    }
} 
Kurang lebih kodingnya seperti gambar berikut :
Penjelasan koding pada gambar :
Koding “ganjil_genap” pada baris 1, itu adalah nama class yang harus sama dengan nama file .java yang kita buat tadi.
Koding “int angka” pada baris ke-3, itu adalah sebuah variabel yang akan menampung bilangan sementara. Dimana variable tersebut sudah diberi value(nilai) yaitu = 2.
Nilai atau angka dua (2) yang ada pada baris ke-3, itu adalah nilai yang sudah kita berikan dan akan kita tentukan apakah bilangan tersebut adalah bilangan genap atau ganjil. Karena saya membuat angka 2 pada variabel angka, maka akan tampil nantinya kalimat bahwa bilangan 2 adalah bilangan ganjil. Untuk mencoba menentukan bilangan ganjil, silahkan anda ganti angka 2 pada bari ke-3 tersebut dengan bilangan ganjil.
Tanda % (persen) yang ada pada koding di baris ke-4 tersebut, itu artinya habis dibagi. Artinya, jika nilai pada variabel angka habis dibagi 2 dan sisanya = 0, maka bilangan tersebut adalah bilangan genap.
Koding else pada baris ke-7, itu artinya menyatakan “selain dari if diatasnya”. Maksudnya, jika selain dari bilangan genap, maka akan tampil kalimat “bilangan tersebut adalah bilangan ganjil”.

4. Setelah itu, silahkan anda jalankan program anda. untuk cara menjalankannya, saya rasa anda sudah tahu.

5. Jika berhasil, maka hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut :

6. Selesai.

Sekian tutorial tentang “Cara Menentukan Bilangan Genap Atau Ganjil Menggunakan Bahasa JAVA”. Bagi anda ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Dan jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam artikel saya ini, saya mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam sukses.

2 Tanggapan untuk "CARA MENENTUKAN BILANGAN GENAP ATAU GANJIL MENGGUNAKAN BAHASA JAVA"

  1. Tanda '+'
    Itu buat apa ya?

    ReplyDelete
  2. Cara Menentukan Bilangan Genap Atau Ganjil Menggunakan Bahasa Java - Zeroncode >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Menentukan Bilangan Genap Atau Ganjil Menggunakan Bahasa Java - Zeroncode >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Menentukan Bilangan Genap Atau Ganjil Menggunakan Bahasa Java - Zeroncode >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...