WEB PROGRAMING PART 3 – CARA BELAJAR PEMROGRAMAN PHP UNTUK PEMULA


Hallo sahabat zeroncode, kali ini saya akan menjelaskan tentang “Cara Belajar Pemrograman PHP Untuk Pemula”. sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang “Web Programing Part 2 - Dasar Membuat DisainWeb Menggunakan Html Dan Css”, dan tutorial ini adalah bagian ke-3 tentang Web Programing.

Tutorial ini saya buat bagi sahabat-sahabat zeroncode yang ingin maupun yang baru belajar tentang pemograman PHP.

Ok sedikit akan saya jelaskan apa itu bahasa pemrograman PHP.

PHP(Hypertext Preprocessor) adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau isisipkan ke dalam HTML. Bahasa PHP banyak digunakan untuk membuat sebuah Web dinamis. Dimana file PHP harus berextensi .php.

Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Nah, kelebihan dalam pemograman PHP, didalam file PHP, kita juga bisa mengetikkan sintak bahasa Pemrogrmana selain PHP. Kita juga bisa mengetikkan sintak HTML, Javascript, CSS, dan lain-lain. Namun disini saya hanya akan menjelaskan untuk koding pertama PHP saja, yaitu untuk sobat-sobat yang baru belajar pemograman PHP.

Itulah sedikit tentang PHP. Ok, tanpa basa-basi lagi berikut langkah-langkahnya :

1. Pertama, pastikan anda sudah menginstall XAMPP. Anda boleh menggunakan XAMPP versi berapa saja, karena dari beberapa versi dari XAMPP hampir sama saja. Dan disini saya menggunakan XAMPP Versi 1.8.1 dan Sistem Operasi Windows. Bagi anda yang belum menginstall XAMPP, silahkan anda install terlebih dulu software XAMPP pada komputer anda.

2. Setelah software XAMPP sudah diinstall pada komputer anda, selanjutnya silahkan anda buka terlebih dulu folder di “C:\xampp\htdocs”. Dimana didalam folder “htdocs” kurang lebih file-filenya adalah seperti gambar berikut :

3. Kemudian akan terlihat ada dua file dengan nama “index”, dan silahkan anda ganti namanya (rename) file “index” tersebut menjadi “index1”. Kurang lebih hasilnya seperti gambar berikut :

4. Kemudian, disini sebagai contoh, saya menggunakan “Notpad” saja sebagai media pengkodingannya. Karena disini hanya untuk pemula saja, kita cukup menggunakan aplikasi bawaan windows untuk media pengkodingan kita, yaitu “Notepad”. Silahkan anda buka aplikasi “Notepad” yang ada di komputer anda.

5. Jika sudah, selanjutnya silahkan anda ketikkan koding berikut pada Notepad anda :
<?php
echo "Saya baru belajar pemograman PHP";
?>
Keterangan koding :

6. Setelah itu, silahkan anda “Save As” file di Notepad yang sudah anda ketikkan tadi ke folder “C:\xampp\htdocs” dengan nama “koding_pertama.php”. kurang lebih seperti gambar berikut :

7. Kemudian untuk menjalankan program PHP anda tadi, silahkan anda buka aplikasi browser anda (untuk aplikasi browser, anda boleh menggunakan Internet Explorer). Kemudian di bagian pencarian situs, silahkan anda ketikkan “localhost”. Kurang lebih hasilnya akan seperti ini :
Kemudian dari gambar diatas, silahkan anda klik file “koding_pertama.php” yang anda buat tadi.

8. Setelah anda membuka file “koding_pertama.php” yang anda buat tadi di browser anda, maka hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut :

9. Untuk mengedit koding anda tadi, silahkan anda buka file “koding_pertama.php” yang sudah anda buat tadi menggunakan notepad lagi, dan silahkan anda edit sesuai keinginan anda.

10. Selesai.

Itulah sedikit tentang “Cara Belajar Pemrograman Php Untuk Pemula”, jika ada pertanyaan, silahkan anda tinggalkan komentar dibawah artikel ini.

Ok, seikian dulu dari saya, jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam artikel saya ini, saya mohon maaf. Dan semoga artikel ini bermanfaat bermanfaat.

Salam sukses.

Belum ada tanggapan untuk "WEB PROGRAMING PART 3 – CARA BELAJAR PEMROGRAMAN PHP UNTUK PEMULA"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...