CARA INSTALL SQLITE DI MOZILLA FIREFOX


Cara Install Sqlite Di Mozilla Firefox. Sebelumnya akan saya jelaskan sedikit tentang apa itu SQLite...? Berikut penjelasannya.

Seperti dikutip di situs resminya, yaitu di www.sqlite.org bahwasannya Database SQLite atau bisa juga disebut SQLite adalah :
  • Perpustakaan dalam proses yang mengimplementasikan mandiri, serverless, nol-konfigurasi, transaksional mesin database SQL. Kode untuk SQLite adalah dalam domain publik dan dengan demikian bebas untuk digunakan untuk tujuan apapun, komersial atau pribadi. Database SQLite adalah yang paling banyak digunakan di dunia dengan aplikasi yang lebih dari yang kita bisa hitung, termasuk beberapa proyek profil tinggi.
  • SQLite adalah mesin database SQL tertanam. Tidak seperti kebanyakan database SQL lainnya, SQLite tidak memiliki proses server terpisah. SQLite membaca dan menulis langsung ke file disk biasa. Sebuah database SQL lengkap dengan beberapa tabel, indeks, pemicu, dan pandangan, yang terkandung dalam sebuah file disk tunggal. Database format file adalah cross-platform - Anda dapat dengan bebas menyalin database antara 32-bit dan 64-bit sistem atau antara big-endian dan little-endian arsitektur. Fitur-fitur ini membuat SQLite menjadi pilihan populer sebagai Aplikasi File Format . Pikirkan SQLite bukan sebagai pengganti Oracle tetapi sebagai pengganti fopen ().
Untuk lebih jelasnya, silahkan anda menuju ke situs resminya di www.sqlite.org.

Jadi menurut saya kesimpulannya, database SQLite adalah sebuah database yang sangat ringan untuk digunanak, dan sudah mendukung untuk di dunakan di beberapa bahasa pemrograman yang populer saat ini (seperti untuk bahasa pemrograman Java, C++, Visual Basic, dan lain-lain), serta sintaknya hampir sama semuanya dengan sintak database SQL lainnya (Seperti sintaknya sama dengan database MySQL).

Ok, sekarang kita kembali ke topik tentang cara menginstall SQLite di Mozilla Firefox. Sebenanrnya untuk menginstall SQLite di komputer itu ada beberapa cara, yaitu :
  • Pertama, menginstall langsung di komputer dengan men-download terlebih dahulu software SQLite langsung di situs resminya di : http://www.sqlite.org/download.html, kemudian anda install di komputer anda tanpa menggunakan browser Mozilla Firefox.
  • Kedua, menginstall di drowser yang ada di komuter anda. (contoh browser seperti : Mozilla FireFox, Google Chrome, dll).
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelasnyaknya dengan cara yang kedua, yaitu Meng-install SQLite di Browser Mozilla Firefox. Dan untuk menginstall SQLite di Firefox ada 2 cara, yaitu :
  • Pertama, dengan men-download Plugin Add-ons SQLite untuk Firefox secara terpisah.
  • Kedua, dengan install SQLite langsung di pencarian Add-ons yang ada di firefox.
=================================================

Mungkin anda bingung. Ok, untuk lebih jelasnya, berikut akan saya terangkan kedua cara tersebut. Berikut langkah-langkah Mneginstall SQLite di Browser Mozilla Firefox :

I. Dengan Cara Men-Download Plugin Add-Ons Sqlite Untuk Firefox Secara Terpisah.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan anda download Plugin Add-ons untuk firefox terlebih dahulu. Untuk mendownload Plugin Add-ons firefox, anda bisa mencarinya di Google dengan kata kunci : “download Plugin Add-ons firefox”. Di Google banyak kok. Jika anda sudah mendownloadd Plugin Add-ons firefox, biasanya Plugin Add-ons firefox itu ber-extensi “.xpi”. Kurang lebih hasil downlodnya akan seperti ini :

2. Kemudian, silahkan anda buka browser mozilla firefox anda. Jika mozilla firefox anda sudah anda buka di komputer anda, kemudian silahkan anda klik tahan pada file  Plugin Add-ons firefox yang sudah anda diwonload tadi ke dalam browser mozilla firefox anda. kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Setelah itu silahkan anda tutup browser firefox anda dan silahkan anda buka kembali browser forefox anda.

4. Untuk mengecek apakah sudah berhasil atau belum dalam menginstall SQLite di firefox, silahkan anda klik menu yang ada pada bagian kiri atas di mozilla firefox anda, kemudian silahkan anda pilih “Add-ons” atau “Pengaya”. Kurang lebih seperti gambar berikut :
Tambahan :
Karena saya disini menggunakan mozilla firefox versi bahasa inidoensia, jadi rata-rata menu yang ada di mozilla firefox yang saya gunakan adalah bahasa indonesia.

5. Setelah itu, akan tampil tab Add-ons. Pada tab Add-ons di mozilla firefox anda silahkan anda klik menu “Ekstensi”, dan lihat apakah sudah ada “SQLite Manager” atau belum. Jika sudah terinstall “SQLite Manager” di mozilla firefox anda maka hasilnya Kurang lebih seperti gambar berikut :

Itulah cara mengintall SQLite di mozilla firefox dengan cara pertama. Ok, sekarang akan saya jelaskan dengan cara yang kedua. Berikut langkah-langkahnya :

II. Install Sqlite Langsung Di Pencarian Add-Ons Yang Ada Di Firefox

Catatan : utuk Install Sqlite Langsung Di Pencarian Add-Ons Yang Ada Di Firefox, anda harus tekoneksi ke internet. Berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan anda buka mozilla firefox anda, kemudian silahkan anda klik menu yang ada pada bagian kiri atas di mozilla firefox anda, kemudian silahkan anda pilih “Add-ons” atau “Pengaya”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

2. Setelah itu, akan tampil tab Add-ons. Pada tab Add-ons di mozilla firefox anda silahkan anda klik menu “Download Add-ons” atau “Unduh Pengaya”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Kemudian pada kotak pencarian Add-ons, silahkan anda ketikkan “SQLite”. Jika ketemu, silahkan anda klik “Install” atau “Pasang”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

4. Tunggu hingga installasi selesai. Jika sudah selesai, silahkan anda tutup firefox anda dan silahkan anda buka lagi firefox anda.

5. Selesai

===============================================

Itulah sedikit tentang Cara Install Sqlite Di Mozilla Firefox menurut versi ZERONCODE. Silahkan anda pilih salah satu cara untuk mengintall SQLite di mozilla firefox anda. apakah anda ingin menginstall SQLite di mozilla firefox anda Dengan Cara Men-Download Plugin Add-Ons Sqlite Untuk Firefox Secara Terpisah atau Dengan Install Sqlite Langsung Di Pencarian Add-Ons Yang Ada Di Firefox. Untuk selanjutnya, silahkan anda baca tentang “Cara Mudah Membuat Database SQLite”.

Sekian dari saya admin ZERONCODE, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini sayay mohon maaf. Jika anda ada pertanyaan atau ingin dibuatkan tutorial yang berhubungan dengan dunia komputer, silahkan tinggalkan komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat buat anda, dan salam sukses.

Belum ada tanggapan untuk "CARA INSTALL SQLITE DI MOZILLA FIREFOX"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...