CARA MEMULAI BELAJAR PEMROGRAMAN KOMPUTER UNTUK PEMULA


Cara Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula. Didunia yang serba canggih ini kita tidak luput dengan yang namanya teknologi. Dengan adanya teknologi, pekerjaan manusia pun sekarang semakin mudah dan praktis. Dunia dengan teknologi yang canggih tidak luput juga dengan orang-orang yang ahli dalam mengembangkan teknologi tersebut. Yaitu dunia IT atau dunia komputer atau lebih lengkapnya adalah seseorang yang ahli dalam membuat sebuah program komputer.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang bagaimana Cara Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula.

Sedikit akan saya jelaskan apa itu Pemrograman Komputer atau istilah didalam bahasa inggrisnya adalah Computer Programing.

Pemrograman komputer adalah kegiatan yang menyenangkan atau yang hobi dalam mengutak-atik komputer, sehingga dapat membantu menjadi kreatif dan membuka pintu karir baru untuk Anda. menyenangkan disini bagi anda yang hobi dengan dunia komputer dan kuat dalam hal logika. Dimana sebenarnya sewaktu komputer itu dihidupkan dan dimatikan, itu semua adalah menggunakan bahasa komputer atau bahasa mesin. Sebenarnya komputer itu hanya mengenal dua angka saja yaitu 0 dan 1 atau biasa disebut dengan kode biner. Mungkin  sebagian anda pernah mendengar dengan istilah kode Biner (kode bahasa mesin).

0 itu berarti Off, dan 1  berarti On. Berikut salah satu contoh kode biner : 01010101. Untuk lebih jelasnya tentang binner, silahkan anda cari referensinya diinternet. Karena di internet sudah banyak sekali referensi tentang kode biner tersebut.

Nah, karena kode biner itu adalah bahasa mesin yang sangat sulit untuk dipahami oleh manusia, maka dibuatlah bahasa komputer yang lebih sederhana, yaitu Bahasa Pemrograman, yaitu untuk bahasa pemrograman komputer yang lebih sederhana dan mudah dipahami oleh manusia untuk memudahkan dalam membuat sebuah program komputer.

Ok, sekarang kembali ke topik. Untuk langhak-langkah Cara Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula menurut versi ZERONCODE, Berikut langkah-langkahnya :

1. Memilih Jenis Pemrograman Komputer

Bagi anda yang ingin belajar Pemrograman Komputer, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih jenis pemrograman komputer apa yang akan anda pelajari. Dalam pemrograman komputer, setahu saya sampai saat ini (tahun 2016 ini) ada 3 jenis pemrograman komputer yaitu :
Pemrograman Komputer berbasis Desktop,
Pemrograman Komputer berbasis Web,
Pemrograman Komputer berbasis Mobile (handphone)

Dari 3 jenis diatas, silahkan anda tentukan terlebih dahulu, yang mana yang akan anda pelajari terlebih dahulu. Apakah anda bingung dengan Desktop, Web, dan Mobile..?

Ok, akan saya jelaskan sedikit.

Desktop : Untuk pemrograman komputer berbasis Desktop adalah program-program yang dihasilkan hanya akan berjalan di Komputer saja.

Web  : Untuk Pemrograman Komputer berbasis Web adalah program-program yang dihasilkan yang bisa dijalankan menggunakan Web browser. Saat ini, kita bisa browsing tidak hanya dikomputer saja, di mobile pun kita sudah bisa untuk browsing (internetan). Bagi anda yang ingin belajar pemrograman Web, silahkan baca tentang Cara Memulai Belajar Pemrograman Web.

Mobile : Untuk Pemrograman Komputer berbasis Mobile adalah program-program yang dihasilkan yang bisa dijalankan menggunakan di mobile atau di hanphone saja. Namun saat ini untuk menjalankan program yang beerbasi Mobile sekarang sudah bisa dijalankan di komputer. Tapi kita harus menambahkan aplikasi pendukung terlebih dulu agar program mobile tersebut bisa berjalan dengan lancar di komputer.

2. Memilih Bahasa Pemrograman
Setelah anda memilih pemrograman apa yang ingin anda pelajari, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih bahasa pemrograman. Untuk saat ini bahasa pemrograman sudah sangat banyak sekali. Namun untuk bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh para programer didunia saat ini diantaranya adalah bahasa pemrograman Java, C++, Javascript, PHP, Phyton, Perl, Objective-C, Visual Basic, dan masih banyak lagi. Silahkan anda pilih sesuai kebutuhan anda. apakah anda ingin belajar pemrograman desktop, web, ataupun mobile. Untuk urutan bahasa pemrograman yang paling populer, anda bisa mencari referensinya diinternet.

Nah, mungkin anda bertanya : “saya ingin belajar pemrorgraman Web, jadi saya harus menggunakan bahasa pemrograman apa...?”. itu pertanyaan yang bagus.

Ok, saya jelaskan sedikit. Sebenarnya referensi diinternet tentang bahasa pemrograman dan digunakan untuk apa jenis bahasa pemrograman tersebut, sudah banyak referensinya di internet.

Jika anda ingin belajar pemrograman Web, silahkan anda pelajari dasar-dasarnya terlebih dulu, yaitu belajar : HTML, CSS, dan PHP. Untuk pelengkapnya anda bisa belajar Javascript, jQuery ataupun Phyton.

Bagi anda yang sudah belajar salah satu bahasa pemrograman, saya rasa untuk belajar bahasa pemrograman yang lainnya tidaklah susah. Karena menurut pengalaman saya, rata-rata bahasa pemrograman tersebut logikanya sama saja. Hanya saja yang membedakaknya adalah sintaknya saja.

3. Lakukan
Setelah anda membaca dari langkah pertama dan kedua, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah Laksanakan atau Lakukan. Anda bisa memulainya dengan belajar dasar-dasar pemrograman. Apapun yang akan anda pelajari, terutama dalam belajar pemrograman komputer, anda harus memulainya dari dasar-dasar terlebih dahulu. Caranya anda bisa memulainya dengan cara membaca buku tentang pemrograman komputer, atau download ebooknya di internet dan baca, atau anda bisa juga mencari referensinya melalui video di youtube.com. Di yutube juga banyak kok referensi untuk memulai belajar pemrograman komputer.

Misalkan anda ingin belajar pemrograman web, anda bisa cari referensi “Cara Memulai Belajar Pemrogram Web Untuk Pemula” di internet. Atau anda mungkin sudah menentukan bahasa pemrograman apa yang akan anda pelajari, maka anda tingal mencari referensi tentang bahasa pemrograman tersebut. Misalkan anda ingin belajar pemrograman C++, anda tinggal cari di internet atau di google dengan kata kunci “Download Ebook Pemrograman C++”. Kurang lebih seperti itu.

===============================================

Saya rasa untuk Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula cukup anda lakukan 3 langkah diatas. Karena semua yang saya paparkan diatas adalah berdasarkan pengalaman admin dari ZERONCODE ini sendiri.

Tambahan dari saya, agar anda ingin cepat mengerti dan cepat mahir dalam memperajari pemrograman komputer, anda harus sering-sering mengulang belajar dasar-dasr pemrograman komputer dan pantang menyerah. Karena dalam belajar pemrograman, anda akan sering menemui yang namanya Error. So.., tetap semangat ya bro dalam belajar pemrograman komputer. Bagi anda yang kuat Logika, itu nilai plus buat anda dalam belajar pemrograman komputer. Karena dalam belajar pemrograman komputer, anda akan sering yang namanya menggunakan logika untuk memecahkan masalah dalam membuat sebuah program.

Ok, sekian dulu dari saya, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini saya mohon maaf. Jika anda ada pertanyaan atau ingin dibuatkan tutorial yang berhubungan dengan dunia komuter, silahkan anda tinggalkan komentar. Insyaallah jika saya bisa dan ada waktu, akan saya buatkan dan bagikan di sini.

Sekian dari saya admin blog ZERONCODE, salam sukses.

Belum ada tanggapan untuk "CARA MEMULAI BELAJAR PEMROGRAMAN KOMPUTER UNTUK PEMULA"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...