JAVA PROGRAMING - MEMBUAT NILAI UANG VERSI RUPIAH

Java Programing - Membuat Nilai Uang Versi Rupiah. Mungkin anda yang baru belajar pemrograman java, pasti pernah bertanya “Bagaimana cara merubah nilai angka menjadi rupiah..?

Contoh, misalkan anda membuat sebuah program untuk menghitung total biaya, tapi setelah dihitung, yang tapil misalkan total biaya sebesar 2000000 (2 juta). Sedangkan anda menginginkan angka tersebut tampil seperti  ini : 2.000.000. nah, bagaimanakah cara memembuatnya...??

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Membuat Nilai Uang Versi Rupiah. Sebenarnya cara membuat seperti itu tidaklah terlalu rumit. Disini pada tutorial kali ini saya menggunakan bahasa Java untuk dan Netbeans sebagai media editor.

Ok, seperti biasa tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan anda buat sebuah form baru dengan nama terserah anda.


2. Kemudian pada form anda tersebut silahkan anda tambahkan label, textfield, dan button, dan silahkan anda desain form anda seperti gambar berikut :

3. Kemudian, silahkan anda rename “textfiel1” menjadi “t_awal”, dan “textfield2” menjad “t_rupiah”, dan “button1” menjadi “b_proses”.

4. Setelah itu, silahkan anda double klik pada button “b_proses”, kemudian pada button “b_proses” silahkan anda ketikkan koding berikut :
Keterangan :
Koding pada baris ke 2, itu adalah untuk mengimport kode agar bisa memberi format pada angka.
Koding pada baris ke 70, itu adalah sebuah variable untuk menampung nilai yang akan diinputkan di textfield “t_awal”.
Koding pada baris ke 71, itu adalah untuk membuat sebuah variable dengan nama “nf” untuk FormatNumber yang akan kita gunakan nanti pada saat membuat format angka.
Koding pada baris ke 72, itu adalah koding untuk menampilkan hasil format menjadi rupiah ke textfield “t_rupiah”.

5. Setelah langkah 4 sudah anda lakukan, selanjutnya silahkan anda jalankan program anda, dan lihat hasilnya.

6. Selesai.

Itulah sedikit tentang Membuat Nilai Uang Versi Rupiah menggunakan bahasa Java di Netbeans. Jika anda masih bingung, untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat videonya DISINI.

Sekian dari saya admin zeroncode.blogspot.com, jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan pada artikel saya ini, saya mohon maaf. Dan jika ada pertanyaan, kritik maupun saran, silahkan anda tinggalkan komentar.

Sekian dari saya, Semoga artikel ini bermanfaat buat anda, dan salam sukses.

Belum ada tanggapan untuk "JAVA PROGRAMING - MEMBUAT NILAI UANG VERSI RUPIAH"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...