CARA MUDAH MEMBUAT DATABASE MYSQL DI XAMPP MENGGUNAKAN BROWSER


Cara Mudah Membuat Database Mysql Menggunakan Xampp. Seperti dikutip di Wikipedia, MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen yang berbasis SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial Cara Mudah Membuat Database Mysql Menggunakan Xampp menurut versi ZERONCODE. Sebenarnya tutorial cara membuat database MySQL banyak sekali referensinya diinternet. Namun disini saya akan membagikan tutorial ini buat anda yang baru belajar bahasa pemrograman dan anda ingin menambahkan database ke bahasa pemrograman yang sedang anda buat. Dimana pada setiap langkah-langkah pembuatan database MySQL yang akan saya bagikan ini secara jelas menggunakan screenshot- screenshot agar anda lebih mudah untuk memahaminya.

Ok, sedikit saya jelaskan kepada anda, bahwasanya membuat database yang mudah itu ada beberapa cara diantaranya :

  • Pertama anda bisa membuat database MySQL menggunakan Command Prompt yang ada di windows.
  • Yang kedua anda bisa membuat database MySQL menggunakan browser yang ada pada komputer atau laptop anda. dengan syarat anda sudah menginstall aplikasi XAMPP atau WAMPP  terlebih dahulu.
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat database MySQL menggunakan XAMPP. Karena menurut saya cara membuat database MySQL yang lebih mudah itu adalah menggunakan XAMPP. Mungkin sebagian anda sudah tau apa itu XAMPP.

Bagi anda yang belum tahu apa itu XAMPP...? Ok, akan saya jelaskan sedikit apa itu aplikasi XAMPP. Menurut saya, secara sederhana XAMPP itu adalah sebuah software yang bisa membuat komputer atau laptop kita menjadi server sementara, dimana kita bisa menjalankan apkikasi XAMPP tersebut menggunakan browser yang ada pada komputer atau laptop kita (seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dll). Maksud server sementara disini adalah kita seolah-olah bisa internetan, tapi aksesnya hanya sebatas dikomputer kita saja. Misal anda ingin membuat sebuah web, anda tidak harus online, melainkan anda bisa mendisain sendiri web anda dan anda bisa mengaksesnya tanpa harus online. Kurang lebih seperti itu.

Sekarang kita kembali ke topik. Dimana disini saya menggukan Sistem Operasi Wimdows 10. Tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkah Cara Mudah Membuat Database Mysql Menggunakan Xampp :

1. Pastikan pada PC atau Laptop anda sudah terinstall software XAMPP. Jika aplikasi XAMPP belum terinstall di komputer anda, silahkan download dan install di kompputer anda terlebih dahulu. Jika XAMPP sudah terinstall pada PC atau Laptop anda maka hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut :

2. Kemudian silahkan anda buka aplikasi “XAMPP Control Panel” tersebut, dan pastikan “Actions” pada “Aapache dan MySQL” sudah dalam keadaan Runing. Kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Kemudian silahkan anda buka browser kesayangan anda (untuk browser, anda boleh menggunakan Mozilla Firefox, Google Crome atau Internet Explorer). Dan pada kotak penelusuran situs yang ada pada browser anda, silahkan anda ketikkan “localhost/xampp”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

4. Setelah itu, silahkan anda klik tombol menu “phpMyAdmin”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

5. Kemudian anda akan menuju ke menu “phpMyAdmin”. Dan pada menu “phpMyAdmin” silahkan anda klik tab “Database” atau “Basis Data” yang ada pada bagian atas (karena disini saya menggunakan XAMPP dengan bahasa indonesia, maka menu-menu yang ada pada XAMPP yang akan saya jelaskan disini rata-rata menggunakan bahasa indonesia). Kurang lebih seperti gambar berikut :

6. Setelah itu anda akan menuju ke tab “Database”. Kemudian pada kolom “Buat Basis Data”, silahkan anda masukkan nama database sesuai keinginan anda. ingat, untuk Name, anda tidak boleh menggunakan Spasi. Tapi anda bisa menggunakan underscore (_). Sebagai contoh untuk artikel ini, Nama database yang saya buat dengan nama “db_contoh”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

7. Setelah itu klik tombol “Buat”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

8. Sebenarnya jika anda sudah melakukan sampai pada langkah ke 7, anda sebenarnya sudah berhasil membuat sebuah database baru dengan nama “db_contoh”. Jika sudah berhasil kurang lebih hasilnya seperti gambar berikut :

Tambahan dari saya, jika anda ingin membuat beberapa tabel pada database yang baru anda buat tadi, berikut langkah-langkahnya :

1. Jika anda sudah membuat database, untuk membuat tabel pada database yang baru anda buat tadi, silahkan anda klik database “db_contoh” yang baru anda buat tadi. Kurang lebih seperti gambar berikut :

2. Setelah itu, anda akan menuju ke halaman pengisian nama tabel. Pada kolom “Name” silahkan anda buat nama tabel sesuai keinginan anda. Pada artikel ini, untuk sebagai contoh, saya membuat sebuah tabel dengan nama tabel “tabel_barang”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

3. Dan pada kolom “Jumlah Kolom”, silahkan anda masukkan jumlah atau banyaknya kolom sesuai keinginan anda. Pada artikel ini sebagai contoh, saya memasukkan jumlah kolom sebanyak “4” kolom saja untuk tabel “tabel_barang”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

4. Kemudian, silahkan anda tekan Enter atau bisa juga anda klik tombol “Kirim” yang ada di bagian samping kanan. Kurang lebih seperti gambar berikut :

5. Setelah itu maka akan tampil tab baru untuk mengisi nama-nama kolom dari “tabel_barang” yang baru anda buat tadi. Misalkan anda ingin membuat sebuah tabel, dimana kolom-kolom yang ada pada tebel tersebut adalah :
  • Kode barang
  • Nama barang
  • Tanggal masuk
  • Harga
Ingat, untuk name/nama, tidak boleh menggunakan spasi. Tapi anda bisa menggunakan undercsore (_). Kemudian, silahkan anda samakan saja seperti pada gambar berikut :

6. Jika sudah terisi seperti pada gambar langkah ke 5 diatas, kemudian silahkan klik tombol “Simpan” yang ada pada bagian kanan bawah. Kurang lebih seperti gambar berikut :

7. Jika anda ingin menambahkan tabel yang lainnya, silahkan anda lakukan lagi cara membuat tabel di database MySQL ini sampi langkah ke 6.

================================================

Itulah sedikit cara membuat database MySQL dan membuat tabel di database MySQL menggunakan XAMPP.

Bagi anda yang ingin bertanya atau ingin dibuatkan tutorial yang berhubungan dengan dunia komputer, silahkan anda tinggalkan kommentar. Jika saya bisa dan ada waktu, akan saya buatkan dan akan saya share disini.

Ok, sekian dari saya untuk tutorial saya kali ini, salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini saya mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Terimakasih sudah berkunjung, dan salam sukses.

1 Tanggapan untuk "CARA MUDAH MEMBUAT DATABASE MYSQL DI XAMPP MENGGUNAKAN BROWSER"

  1. Cara Mudah Membuat Database Mysql Di Xampp Menggunakan Browser - Zeroncode >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Mudah Membuat Database Mysql Di Xampp Menggunakan Browser - Zeroncode >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Mudah Membuat Database Mysql Di Xampp Menggunakan Browser - Zeroncode >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...