CARA MUDAH MEMBUAT DATABASE SQLITE


Cara Mudah Membuat Database Sqlite. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang Cara Install SQLite di Mozilla Firefox. Dan sekarang saya akan melanjutkan artikel saya tersebut. Dimana sekarang saya akan membahas tentang Cara Mudah Membuat Database Sqlite.

Seperti dikutip di situs resminya, yaitu di www.sqlite.org bahwasannya Database SQLite atau bisa juga disebut SQLite adalah Perpustakaan dalam proses yang mengimplementasikan mandiri, serverless, nol-konfigurasi, transaksional mesin database SQL. Kode untuk SQLite adalah dalam domain publik dan dengan demikian bebas untuk digunakan untuk tujuan apapun, komersial atau pribadi. Database SQLite adalah yang paling banyak digunakan di dunia dengan aplikasi yang lebih dari yang kita bisa hitung, termasuk beberapa proyek profil tinggi. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda menuju ke situs resminya di www.sqlite.org.

Mungkin anda bertanya : “apakah database MySQL sama dengan SQLite..? kalau database SQLite berbeda dengan database MySQL, terus apa perbedaannya..?”.

Ok, akan saya jelaskan sedikit. Menurut pengalaman saya, database SQLite dengan database MySQL itu ada kesamaannya dan ada juga perbedaannya. Berikut keterangnanya :
  • Persamaan database SQLite dengan MySQL adalah sintaknya. Karena pengalaman saya menggunakan database SQLite dan MySQL, semua sintaknya hampir. Walaupun ada perbedaan sintak, namun hanya sedikit.
  • Perbedaannya database SQLite dengan MySQL adalah : database MySQL harus menggunakan server untuk koneksinya. Sedangkan SQLite tidak. Istilahnya, database SQLite bisa berdiri sendiri untuk kineksinya, tanpa harus meggunakan server.
Ok, sekarang kita kembali ke topik tentang Cara Membuat Database Sqlite. Berikut langkah-langkahnya :

1. Pastikan anda sudah menginstall SQLite pada komputer and, yaitu di browser anda. untuk Cara Menginstall SQLite di browser anda, silahkan klik DISINI.

2. Kemudian silahkan anda buka aplikasi Mozilla Firefox anda, dan pada bagian Menu Bar yang ada di Mozilla Forefox anda, silahkan dan klik menu “Alat/Tool”, kemudian silahkan anda pilih “SQLite Manager”. Kurang lebih seperti gambar berikut :
Tambahan :
  • Jika Menu Bar pada Mozilla Firefox anda belum tampil, untuk menampilkan Menu Bar tersebut silahkan anda tekan tombol “Alt” yang ada pada Keyboard komputer anda.
3. Setelah anda membuka “SQLite Manager”, maka akan tampil tab “SQLite Manager”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

4. Untuk membuat database SQLite baru, kemudian pada tab “SQLite Manager” tersebut, silahkan anda klik menu “Database -> New Database”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

5. Setelah itu akan tapil tab pengisian nama database. Silahkan anda isi dengan nama database teserah anda. Ingat, untuk name jangan anda gunakan spasi. Tapi untuk name, silahkan anda gunakan underscore untuk memisah kata dari name database yang akan anda buat. Pada tutorial ini sebagai contoh, database yang akan saya buat adalah dengan nama “db_contoh”. Kurang lebih seperti gambar berikut :
Setelah nama database anda isi, kemudian silahkan anda klik “Ok”.

6. Setelah itu, silahkan anda simpan database yang baru anda buat  tersebut di lokasi penyimpanan (Drive) di komuter anda. silahkan anda simpan di lokasi  sesuai keinginan anda.

7. Setelah anda menyimpan database yang baru anda buat tadi, sebenarnya anda sudah berhasil membuat sebuah database SQLite baru. Jika langkah ke 6 sudah anda lakukan, maka hasilnya kurang lebih akan seperti gambar berikut :

8. Selanjutnya, misalkan anda ingin membuat sebuah tabel dengan nama “tabel_barang” dengan 4 komlom. Misalkan nama-nama kolom yang akan anda buat pada tabel tersebut adalah : “kode_barang, nama_barang, satuan, harga”. Untuk membuat beberapa tabel pada database yang baru anda buat tadi, silahkan anda klik kanan pada menu “Tables -> Create Table” yang ada pada bagian kiri tersebut. Kurang lebih seperti gambar berikut :

9. Setelah itu akan tampil tab “Create Table”. Kemudian silahkan anda samakan seperti gambar dibawah ini :
Keterangan :
  • “Table Name” adalah nama untuk tabel.
  • “Kolom Name” adalah nama dari kolom-kolom yang akan kita buat untuk tabel kita.
  • “Data Type” adalah tipe-tipe untuk setiap kolom yang akan kita butuhkan nantinya.
  • “Primary Key” adalah untuk memberikan hak penuh kepada salah satu kolom tertentu sebagai kunci utama.
10. Setelah semua data sudah anda isi, kemudian silahkan anda klik “Ok” dan “Yes”. Setelah itu, maka hasilnya akan seperti gambar berikut :

11. Untuk menambahkan tabel lagi pada database anda tersebut, silahkan anda lakukan lagi langkah 8 – 9.

12. Selesai.

==============================================

Sekian dari saya admin ZERONCODE tentang Cara Mudah Membuat Database Sqlite. Salah dan kurangnya dalam penulisan saya ini saya mohon maaf. Jika anda ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat buat anda, dan salam sukses.

Belum ada tanggapan untuk "CARA MUDAH MEMBUAT DATABASE SQLITE"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...